Computer Arithmetic
Mengapa belajar Arithmatika?
Register
- Mengerti bagian-bagin ALU
- Memahami representasi Integer
- Memahami cara operasi penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dengan representasi Interger
- Memahami representasi Floating point
- Memahami cara penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dengan representasi Floating Point
Kode Biner
- Data huruf akan dirubah menjadi kode ASCII
- Dari kode ASCII dirubah menjadi bilangan biner.
- Data gambar merupakan kumpulan dari angka-angka yang merupakan perwakilan dari warna masing-masing titik / pixel, dan angka tersebut yang akan dirubah dalam bentuk biner.
- Semua data direpresentsikan/dituliskan dalam bentuk 0 dan 1
Proses dikodekan dalam Biner
Sebagian besar operasi yang ada di dalam proses komputer adalah operasi aritmatika(penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian). Data yang dioperasikan yaitu data yang berupa angka. Data angka digolongkan menjadi data bilangan bulat / integer dan data bilangan pecahan/float.
Semua operasi aritmatik dilakukan oleh ALU (Arithmetic Logic Unit).
ALU merupakan bagian CPU yang berfungsi membentuk operasi-operasi
aritmatika dan logika terhadap data. Proses yang ada dalam ALU antara
lain semua komponen CPU lainnya dan komponen penyusun komputer secara
keseluruhan berfungsiSebagian besar operasi yang ada di dalam proses komputer adalah operasi aritmatika(penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian). Data yang dioperasikan yaitu data yang berupa angka. Data angka digolongkan menjadi data bilangan bulat / integer dan data bilangan pecahan/float.
- Membawa data ke ALU untuk diproses
- Mengambil kembalii hasil proses dari ALU
Register
tempat penyimpan data sementara dalam CPU
selama proses eksekusi. Apabila terjadi proses eksekusi data dalam
register dikirim ke ALU untuk diproses, hasil eksekusi nantinya
diletakkan ke register kembali.
Unit kontrol
Unit kontrol akan menghasilkan sinyal yang akan mengontrol operasi ALU dan pemindahan data ke dan dari ALU
Flags
Flag diset ALU sebagai hasil dari suatu
operasi, misalnya: overflow flag, diset 1 bila hasil komputasi melampaui
panjang register tempat flag disimpan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar